Pertemuan 5 : Mengajar 4

Kelas                   : LC28 / Kelompok 1

Nama Dosen      : Djoko Purnomo

Kode Dosen       : D1320

Waktu               : Rabu, 12 April  2017

Pukul                 : 07.30 – 11.30

Lokasi               : TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

Tim yang hadir :

Ketua                                      : Jeffry Wijaya – 2001560332

Anggota Kelompok    :

1.  Adine Esther – 2001581274

2. Bradley Anthony – 2001545893

3. Cindy Carolina  – 2001566922

4. Geovanny – 2001542172

5. Rifky Fajriansyah – 2001581085

6. Stephen Sulistio – 2001562552

7. Vilia Tanidja – 2001545092

Pada pertemuan ke 5,  yang mana merupakan pertemuan terakhir kami dengan anak-anak, kami mempersiapkan semua hal dengan baik dan dengan acara penutupan yang tentunya akan berkesan bagi kami dan anak-anak serta guru-guru.

Seperti biasa, dipagi hari kami bersama anak-anak dan guru-guru melakukan senam jasmani sebelum melakukan kegiatan didalam kelas. Senam yang kami lakukan adalah senam pinguin yang sudah kami persiapkan sebelumnya. Wajah anak-anak terlihat bahagia dan mereka tertawa karena melihat gerakan yang kami peragakan.  Sambil tertawa, mereka mengikuti gerakan kami dengan baik dan benar. Setelah kegiatan senam diluar kelas selesai maka mereka bersama guru berdoa bersama sebelum kegiatan belajar dimulai dan dengan baris-bebaris  mereka masuk ke kelas dengan rapih dan berurutan yang dipanggil sesuai kelasnya masing-masing.

Pada pertemuan hari kelima ini, kegiatan masing-masing kelas berjalan lebih cepat dan singkat dan berbeda karena akan ada kegiatan bersama yang akan dilakukan di aula sekolah. Kita mulai dari kelas A yaitu kelas yang anak-anaknya berumur lebih kecil dibandingkan dengan kelas B1 dan B2 yang akan persiapan untuk masuk ke sekolah dasar.

Kelas A

Pada kali ini kelas A mendapatkan mata pelajaran tentang “Alat Komunikasi”. Pertama, anak-anak malakukan kegiatan menarik garis pada gambar-gambar alat-alat komunikasi ke anggota tubuh yang digunakan, seperti gambar radio yang akan ditarik garisnya ke telinga, gambar telepon akan ditarik garis ke telinga dan mulut, gambar televisi akan ditarik garis ke mata. Pada kegiatan ini anak-anak mengerjakan dengan cepat dan tidak begitu mengalami kesulitan.

Kedua, anak-anak akan melanjutkan kegiatan menyambungkan abjad A sampai Z yang akan membentuk sebuah gambar. Pada proses kali ini anak-anak sedikit mengalami kesulitan karena mereka masih belum hafal urutan abjad yang benar, namun mereka tetap mengikuti pelajaran dengan baik dan mau mendengarkan apa yang diajarkan oleh kakak-kakaknya.

Ketiga, kegiatan kali ini mirip seperti kegiatan ke-2 namun yang mereka hubungkan adalah angka dari 1-20. Mereka lebih mudah melakukan kegiatan ini dibanding kegiatan ke-2 namun ada bebertapa anak yang masih harus dibimbing lebih karena masih belum bisa mengurutkan angka dengan benar.

Ketika ketiga kegiatan belajar diatas sudah diselesaikan dan masih ada waktu untuk melanjutkan kegiatan berikutnya maka mereka akan mewarnai gambar yang sudah dibentuk tadi sambil menunggu teman-temannya yang belum selesai dan menunggu jam makan siang tiba.

Foto : kegiatan mewarnai di kelas A

Kelas B1

Pada kelas B1 mereka mendapatkan pelajaran yang sama seperti kelas A yaitu “Alat Komunikasi” , namun materi yang diajarkan berbeda.

Kegiatan kelas mereka tentang alat komunikasi adalah mereka dikenalkan dengan berbagai macam alat komunikasi dan mengenal nama dari masing-masing alat komunikasi tersebut. Setelah mereka tahu nama-nama dari alat tersebut,  mereka diajarkan tentang kegunaan masing-masing alat komunikasi tersebut, tujuannya adalah agar memperluas pengetahuan mereka tentang alat komunikasi. Setelah itu mereka mewarnai gambar alat komunikasi yang sudah kami siapkan sebelumnya. Mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan tertib. Lalu, sambil menunggu kegiatan selanjutnya dan jam makan siang,  kami bercerita dan tertawa bersama serta berfoto bersama.

Foto : kebersamaan dengan anak-anak kelas B1

Kelas B2

Pada kelas B2, mereka mendapatkan  pelajaran tentang “Sains”.

Mereka melakukan uji coba dengan mengambil koin yang berada pada wadah yang sudah diisi dengan air sehingga koin tersebut tenggelam lalu ditaruh sebuah gelas yang akan menyerap air masuk kedalam gelas sehingga mereka bisa mengambil koin  tadi tanpa terkena air. Setelah itu mereka melakukan kegiatan mewarnai gambar penemu lampu.

Foto : kegiatan mewarnai di kelas B2

Untuk mempersiapkan acara puncak /acara perpisahan dengan anak-anak, kami membuat kenang-kenangan yang akan diserahkan kepada pihak sekolah. Kenang-kenangan ini berupa kumpulan foto-foto yang kami rangkai dari pertemuan hari pertama hingga akhir. Kumpulan foto tersebut kami rangkai sedemikian rupa agar anak-anak dapat melihat foto-foto mereka bersama kakak-kakaknya pada saat mereka merindukan kami nanti.

Foto : kami berfoto bersama kenang-kenangan yang akan diberikan untuk pihak sekolah

Foto : bentuk kenang-kenangan yang akan diberikan

Setelah anak-anak selesai belajar, kami bersama anak-anak naik ke aula yang berada di lantai dua dan berkumpul di aula untuk memulai kegiatan perpisahan dengan anak-anak dan juga guru-guru.

Setelah anak-anak naik ke atas dan berkumpul di aula, kami membagikan 3 kelompok sesuai dengan kelas masing-masing dan kami bermain bersama. setelah anak-anak mendengar kita akan main tentunya anak-anak sangat bahagia dan gembira. Tentunya kakak-kakak juga akan membagikan hadiah-hadiah kepada anak-anak agar mereka senang dengan acara perpisahan ini.

Foto : anak-anak dibagi ke dalam 3 kelompok untuk bermain games

 

Foto : hadiah berupa parcel yang akan dihadiahkan ke anak-anak

Pertama-tama, kami membuat grup dalam bentuk lingkaran, Permainan pertama adalah pesan berantai (Chain Message). Dalam permainan ini, kakak-kakak yang mendampingi anak-anak akan memberitahu suatu kalimat kepada salah satu anak dan anak tersebut akan membisikkan kata-kata tersebut ke teman sebelah dan seterusnya sampai ke anak yang terakhir di barisan dan yang ia akan maju dan membacakan kalimat apa yang di sampaikan oleh kakak tersebut. Contohnya, kakak pembicara akan membisikkan ke kakak yang mendampingi anak-anak dengan kalimat: “Saya Cinta Sekolah”, maka kakak yang mendampingi anak-anak tersebut akan membisikkan ke anak yang berada di barisan pertama untuk melanjutkan ke anak yang berikutnya hingga sampai kepada anak yang terakhir. Kemudian, anak terakhir yang dibisikkan akan maju dan memberitahu kalimat yang telah ia dengar. Pemenang akan ditentukan dari berapa kali mereka benar menyebutkan kalimat yang telah diberitahu secara lengkap.

Foto : Arjuna menyebutkan kalimat yang telah ia dengar di depan

Di game terakhir, kami membuat game yaitu memindahkan karet tanpa tangan dan hanya menggunakan sedotan. Permainan ini membutuhkan kerja sama dan juga kekompakan dalam tim. Pertama-tama satu orang akan menggigit sedotan dan  ada karet di ujung sedotan , dan orang tersebut harus dapat memindahkan ke orang belakangnya kemudian kembali lagi ke orang yang terdepan.

Foto : kami mencontohkan cara bermain karet sedotan

Setelah selesai bermain, kami memberikan beberapa kata dan juga kenang-kenangan untuk semua anak-anak, ibu guru dan kepala sekolah tersebut. kami memberikan kenang kenangan ini sambil menyanyikan lagu “sayonara”. Setelah itu, kami semua berfoto bersama sebagai kenang-kenangan di sekolah tersebut.

Foto : kami berfoto bersama seluruh anak-anak dan guru-guru TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

 

Ketika anak-anak mengetahui kami tidak akan datang lagi ke sekolah mereka kedepannya, ada beberapa dari mereka yang menangis dan tidak membiarkan kami meninggalkan mereka, karena mereka semua sudah merasa senang dan nyaman belajar bersama kakak-kakak dari Binus University. Fairuz, Ibas sangat sedih sampai mereka memeluk kakak Adine dan Bradley dengan sangat erat hingga orang tua mereka datang menjemput.

Berakhirlah kegiatan mengajar kami di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan. kami berharap agar kelak anak-anak di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan ini dapat menjadi generasi yang soleh, pintar,  berbakti kepada orang tua, berbakti kepada Bangsa dan Negara, dan mampu membawa Bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi ke depannya.

Seperti biasa, kami tetap melakukan evaluasi dengan guru-guru agar pengalaman dan manfaat yang kami dapatkan melalui program sosial ini benar-benar sempurna. Dan seperti biasa, guru-guru tetap memberi saran dan nasehat personal agar kami dapat semakin baik ke depannya.

Berikut adalah lampiran form evaluasi pertemuan mengajar hari terakhir.

Foto : form evaluasi pertemuan mengajar hari terakhir

Setelah melakukan evaluasi, kami beristirahat dengan duduk-duduk di pondok kecil yang berada di halaman TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan. Kami sempat mengambil beberapa foto karena kami yakin akan sangat merindukan anak-anak serta sekolah ini.

Foto : kami bersantai di pondok kecil di halaman sekolah

Leave a Reply