Pertemuan 4 : Mengajar 3

Kelas                 : LC28/Kelompok 1

Nama Dosen    : Djoko Purnomo

Kode dosen      :D1320

Waktu              :Selasa,11 april 2017

Pukul               :07.30-11.30

Lokasi              : TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

Tim yang hadir :

Ketua                                   : Jeffry Wijaya- 2001542172

Anggota Kelompok :

  1. Adine Esther – 2001581274
  2. Bradley Anthony -2001545893
  3. Cindy Carolina -2001566922
  4. Geovanny -2001542172
  5. Rifky Fajriansyah -2001562552
  6. Stephen Sulistio -2001562552
  7. Vilia Tanidja -2001545092

Pada pertemuan ke 4 ini kami berkumpul untuk memulai melakukan pengajaran kepada anak-anak. Tetapi sebelum itu anak-anak diajak oleh para guru untuk melakukan senam pagi dan doa  sebelum masuk ke kelas masing-masing dan mulai belajar. Selagi mereka melakukan senam pagi dan berdoa, kami Briefing terlebih dulutentang materi apa yang akan kami berikan kepada anak-anak nantinya.

Pada pertemuan ke 4 ini, untuk anak kelas A diberikan pengajaran Bahasa Inggris. Untuk kelas B1 diajarkan matematika sedangkan B2 diajarkan sains. Masing-masing kelas memiliki perbedaan. Ada yang anaknya diam saja tidak terlalu ribut, ada juga yang kelasnya kebanyakan bermain.

Untuk anak kelas A, di  pelajaran bahasa inggriskali ini, mereka diajarkan menyanyi lagu alphabet dan perkenalan anggota tubuh dalam bahasa inggris.  Selain itu anak kelas A ini diberikan permainan yaitu permainan kode morse , dimana anak-anak diarahkan untuk melakukan suatu gerakan sesuai kode morse yang telah diberikan sebelumnya. setelah bermain anak-anak mengerjakan buku atau tugas yang diberikan oleh gurunya.

Foto : kegiatan saat mengerjakan buku tugas

 

Foto : kegiatan saat mewarnai

Selain itu untuk anak kelas B1 diajarkan sains. dipelajaran sains ini,  kami  membuat uji coba membuat pelangi dari kaca,senter,dan air. setelah diberikan percobaan tersebut anak-anak diarahkan untuk mengayam dari kertas origami yang sudah kakak-kakaknya siapkan.

Foto : mendampingi anak-anak saat kegiatan menganyam

Untuk anak kelas B2, kami mengajarkan matematika dengan cara bermain suatu games yang sekaligus mengajarkan mereka tentang matematika. Di pelajaran matematika ini,  anak-anak di haruskan melewati rintangan yang kami buat untuk mengambil jawaban yang sudah di berikan pada saat pertama kali permainan itu di mulai. Sehabis mereka melakukan games tersebut, anak-anak diarahkan untuk menempel dengan background dasar gambar pesawat yang ditempel menggunakan origami yang telah di potong menjadi beberapa bagian kecil.

Foto : kegiatan belajar matematika sambil bermain

 

Foto : anak-anak terlihat ceria saat kegiatan menempel

Sehabis kita melakukan semua kegiatan , pukul 10.00 anak-anak diberikan waktu  untuk makan siang bersama teman-temannya.Seperti biasanya, sebelum makan mereka harus melakukan beberapa hal seperti mencuci tangan, Berdoa bersama, dan setelah itu mereka makan di meja mereka masing-masing.

Sehabis mereka selesai makan,  guru-guru memberikan anak-anaknya waktu untuk bermain hingga pulang sekolah tiba yaitu pukul 11.30. Sebelum mereka pulang seperti biasa mereka berdoa sebelum pulang bersama-sama dengan ibu guru dan juga kakak-kakak.

Foto : berkumpul untuk berdoa sebeleum pulang

 

Setelah anak-anak pulang, kami langsung berdiskusi dengan guru-guru dan seperti biasa, kami mendapat saran-saran yang tentunya membuat kami semakin baik. Saran yang diberikan adalah bahan-bahan untuk mengajar harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya.

Berikut adalah form evaluasi yang kami terima dari guru-guru di pertemuan mengajar ketiga.

Foto : form evaluasi pertemuan mengajar ketiga

 

 

 

 

 

Leave a Reply