Pertemuan 3 : Mengajar 2

Kelas                   : LC28 / Kelompok 1

Nama Dosen      : Djoko Purnomo

Kode Dosen        : D1320

Waktu                 : Rabu, 5 April 2017

Pukul                  : 07.30 – 11.30

Lokasi                 : TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

 

Tim yang hadir :

Ketua                                 : Jeffry Wijaya – 2001560332

Anggota Kelompok    :

  1. Adine Esther – 2001581274
  2. Bradley Anthony – 2001545893
  3. Cindy Carolina – 2001566922
  4. Geovanny – 2001542172
  5. Rifky Fajriansyah – 2001581085
  6. Stephen Sulistio – 2001562552
  7. Vilia Tanidja – 2001545092

 

 

Pada hari kedua pengajaran ini, kami mengawalinya dengan briefing bersama sembari menunggu anak-anak yang baru saja berdatangan. Setelah kami briefing dan anak-anak sudah berkumpul, kami memulai kegiatan pagi kami. Tidak seperti minggu pengajaran pertama dimana kami mengajak anak-anak untuk senam bersama, pada pengajaran kedua kali ini kami mengajak anak-anak untuk bersama-sama bermain ular naga. Kami – kakak-kakak pembimbing – yang berjaga dan anak-anak membentuk barisan panjang sebagai “ular naga”. Bersama-sama kami bermain dan berputar-putar, kemudian barisan tersebut mulai berjalan menuju ke kelas masing-masing.

Foto : bermain ular naga

Kegiatan kelas A :

Pada pertemuan ini, kelas TK A mendapat giliran untuk belajar Sains. Pada awal pengajaran, kami memulainya dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu karena setiap kelompok bergiliran mengajar dari kelas ke kelas lain sehingga mereka belum mengenal kakak-kakak yang hari ini mengajar. Setelah mengenalkan diri masing-masing, kami memberi tahu anak-anak bahwa hari ini mereka akan membuat gunung berapi. Bahan-bahan yang kami gunakan adalah sabun detergen cair, soda kue, cuka, dan pewarna merah untuk memberikan efek agar “lava” terlihat sungguhan. Anak-anak sangat antusias mendengarnya dan langsung berlari keluar kelas ketika kami bilang kepada mereka bahwa percobaan sains akan dilakukan di luar kelas. Pertama-tama kami mengumpulkan anak-anak untuk duduk diluar kelas secara melingkar dan mencoba memperagakan praktik gunung berapi tersebut.

Foto : kegiatan praktik sains

 

Anak-anak semakin bersemangat untuk mencobanya sendiri. Kemudian kami membagi anak-anak menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok kembali mempraktikan cara membuat lava gunung berapi tersebut dan ketika “lava” keluar dari ujung atas gunung, mereka sangat antusias dan heboh. Tidak lupa kami juga menjelaskan mengapa cairan tersebut bisa meluap keatas (tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka). Selesai praktik sains, kami mengajak anak-anak untuk kembali ke dalam kelas. Kegiatan selanjutnya adalah mewarnai gambar pemandangan alam. Pada kegiatan ini, kami bergantian mengunjungi anak-anak untuk memotivasi mereka agar mengerjakannya dengan rapi dan memberi tahu warna-warna yang tepat dan sesuai dengan gambar.

Foto : kegiatan mewarnai pemandangan alam

Setelah selesai mewarnai, kami kembali memberikan mereka kegiatan yaitu menempelkan bendera indonesia sesuai dengan ukurannya (kecil, sedang, besar). Saat kegiatan ini, anak-anak terlihat sedikit ribut-ribut karena harus berbagi lem dan lucunya, beberapa dari mereka ada yang kebingungan dengan ukuran dari bendera. Seperti saat mereka menempelkan potongan kertas merah dengan ukuran sedang, tetapi saat akan menempelkan potongan kertas putih ternyata kertas putih tersebut lebih besar atau lebih kecil dari yang merah.

Foto : mempersiapkan contoh bendera

Setelah itu, anak-anak berkumpul dengan duduk melingkar bersama-sama dan berdoa untuk makan. Mereka bergantian untuk mencuci tangan kemudian mereka pun boleh makan-makanan yang mereka bawa dari rumah. Beberapa dari mereka ada yang harus dibujuk terlebih dahulu agar mereka mau makan sayur. Tidak jarang juga ada yang hanya menghabiskan lauk sementara nasinya tidak dihabiskan. Selesai makan, anak-anak diberikan waktu bebas untuk bermain di luar maupun di dalam kelas. Setelahnya anak-anak kembali berkumpul di dalam kelas untuk berdoa dan bersiap pulang. Sembari menunggu waktu pulang, kami mengajak anak-anak untuk bernyanyi Are You Sleeping yang dilanjutkan dengan bermain ular naga lagi dan bernyanyi sayonara.

 

Kegiatan kelas B1 :

Hari ini, kelas B1 mendapatkan materi matematika. Seperti halnya di kelas A dan B2, kami masing-masing memperkenalkan diri agar mereka merasa lebih mengenal kami. Kegiatan awal dilakukan diluar kelas. Ya, kegiatan matematika diaplikasikan ke dalam games outdoor. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak merasa bosan dengan pelajaran berhitung dan juga agar mereka tidak selalu memandang pelajaran matematika sebagai suatu beban. Anak-anak sangat senang saat tahu akan bermain games. Kami membagi anak-anak menjadi tiga kelompok. Kemudian kami memberikan soal hitungan tambah dan kurang kepada mereka. Mereka harus mencapai jawaban yang telah disediakan tetapi agar permainan menjadi lebih seru, kami menambahkan rintangan-rintangan yang harus dilalui yaitu melewati bagan permainan taplak meja (engklek) dan menjaga keseimbangan dengan berjalan diatas balok kayu sepanjang (kira-kira) 2 meter. Setelah melewati rintangan tersebut, mereka harus memilih angka yang sesuai dengan jawaban soal tadi. Disini kami pun ikut merasakan kesenangan anak-anak, terlebih saat ada anak yang lari saja tanpa melewati rintangan (yang penting cepat sampai).

Setelah didapatkan kelompok pemenang, kami kembali mengajak anak-anak untuk masuk ke dalam kelas dan melanjutkan kegiatan. Di dalam kelas, kami membuat tiga kelompok untuk mengerjakan kegiatan meja. Kelompok pertama mewarnai gambar lalu menarik garis dari gambar tersebut menuju angka yang sesuai dengan jumlah objek pada gambar.

Foto : kelompok 1

Kelompok kedua menempelkan potongan-potongan origami kecil ke gambar yang sebelumnya sudah diberi lem. Pada kegiatan ini, anak-anak terlihat ada yang telaten dengan memilihkan potongan-potongan kertas dengan warna yang sama agar warna gambarnya menjadi sama, ada juga yang lebih suka jika potongan-potongan kertas itu bercampur-campur warnanya sehingga warna dari gambar tersebut tidak monoton. Setelah itu, gambar tersebut juga akan dibuat garis menuju angka yang sesuai dengan jumlah objek gambar.

Foto : kelompok 2

Kelompok ketiga mempelajari mengenai jarum jam di buku latihan yang disediakan oleh sekolah. Setiap anak mendapatkan kegiatan yang sama karena mereka akan secara bergantian mengunjungi “pos-pos” tersebut dan menyelesaikan kegiatan yang diberikan.

Foto : kelompok 3

Setelah itu, anak-anak berkumpul dengan duduk melingkar bersama-sama dan berdoa untuk makan. Mereka bergantian untuk mencuci tangan kemudian mereka pun boleh makan-makanan yang mereka bawa dari rumah. Anak-anak di kelas B lebih tertib dibandingkan kelas A, mungkin karena usianya yang lebih besar dan sudah mengerti dengan peraturan. Selain itu, mereka juga sudah harus mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD).

Mereka makan dengan teratur. Ada yang hanya memakan camilan-camilan seperti rumput laut kering atau biskuit, ada juga yang membawa bekal nasi dengan porsi yang lumayan besar. setelah mereka selesai makan, mereka diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan meja yang dipakai untuk makan tadi, dan merapikan kursi yang sudah digunakan. Jika meja dan kursi yang digunakan sudah bersih dan rapi, mereka mendapatkan waktu bebas untuk bermain di luar ataupun di dalam kelas. Setelahnya anak-anak berkumpul untuk berdoa dan bersiap-siap untuk pulang dengan membentuk barisan dan berjalan keluar kelas.

 

Kegiatan kelas B2 :

Pertemuan hari ini kami mulai dengan pengenalan diri masing-masing, agar anak-anak mengenal kami yang mengajar di kelasnya. Kemudian kami memberitahu mereka bahwa hari ini kami akan mengajarkan mereka bahasa inggris. Sebagai awalan, kami mengajarkan mereka bagaimana mengenalkan diri sendiri menggunakan bahasa inggris seperti “Hello, my name is..” , “my hobby is..” dan sebagainya. Kemudian beberapa anak maju ke depan dan memperagakan bagaimana mengenalkan diri menggunakan bahasa inggris. Kami ingin menggali sisi percaya diri anak-anak agar tidak malu dan berani untuk tampil di depan teman-teman. Setelahnya, kami mengajarkan nama-nama anggota tubuh menggunakan bahasa inggris. Setelah memberikan tebak-tebakan lisan mengenai nama anggota tubuh, kami mengajak anak-anak untuk bernyanyi Head, Shoulder, Knees, and Toes. Anak-anak sangat antusias sampai meminta lagu tersebut di putar berulang-ulang. Mengingat terbatasnya waktu sementara kegiatan kami masih banyak, kami akhirnya berhenti memutar lagu, memberikan kertas dengan gambar tubuh manusia (kami memakai karakter Nobita) dan mengajak anak-anak untuk menarik garis dari nama anggota tubuh dalam bahasa inggris menuju gambar yang sesuai dengan arti kata tersebut. Anak-anak banyak yang kebingungan dalam kegiatan ini. Mungkin karena materinya masih benar-benar baru jadi mereka belum terlalu hafal. Kami pun dengan senang hati membantu anak-anak sekaligus mengingatkan kembali agar mereka bisa hafal.

Foto : kegiatan Part of Body

Selesai dengan materi bahasa inggris, kami melanjutkan dengan kegiatan meja. Kegiatan meja kami hari ini ada dua, yaitu menggambar dan menjiplak peta. Pertama-tama, anak-anak kami berikan kertas kosong dan mereka diminta untuk menggambar rumah mereka masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas dan mengembangkan imajinasi anak-anak.

Foto : anak-anak dalam kegiatan menggambar rumahku

Kemudian kegiatan meja kedua adalah menjiplak peta. Anak-anak diajak untuk menjiplak peta  Indonesia dan memberikan nama pada pulau-pulaunya. Anak-anak sedikit kesulitan untuk menggambarkan negara indonesia yang terdiri dari pulau-pulau. Tetapi itu tidak membuat mereka bermalas-malasan. Dengan perlahan, akhirnya mereka pun berhasil menggambarkan pulau-pulau negara Indonesia dengan rapi dan bagus. kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa negara Indonesia itu luas dan terdiri dari pulau-pulau sekaligus mengenalkan mereka pulau-pulau besar yang ada di Indonesia.

Foto : kegiatan menjiplak peta Indonesia

Setelah itu, anak-anak berkumpul dengan duduk melingkar bersama-sama dan berdoa untuk makan. Mereka bergantian untuk mencuci tangan kemudian mereka pun boleh makan-makanan yang mereka bawa dari rumah. Sama seperti kelas B1, anak-anak diajarkan untuk bertanggung jawab dengan meja dan kursi yang dipakai serta merapikan kembali alat makan yang digunakan dan membuang sampah pada tempatnya. Selesai merapikan, mereka boleh bermain bebas di luar atau di dalam kelas sampai waktu menunjukan kurang lebih pukul 11.15. jika waktu bermain sudah habis, maka anak-anak akan diminta untuk berkumpul kembali ke dalam kelas dan bersama-sama berdoa kemudian bersiap untuk pulang ke rumah.

Setelah memastikan anak-anak sudah pulang dengan orang tua atau wali yang menjemputnya, kami berkumpul bersama dengan guru-guru didalam satu ruangan untuk membicarakan evaluasi kegiatan belajar mengajar hari ini dan berdiskusi serta meminta saran mengenai kegiatan pengajaran kami selanjutnya di pertemuan ke-empat.

Berikut hasil evaluasi kami dengan guru-guru dalam bentuk form. Dari hasil evaluasi kami, guru-guru ingin agar kami lebih mempersiapkan diri terutama dalam praktek sains.

Foto : form evaluasi pertemuan mengajar kedua

 

 

 

Leave a Reply