Pertemuan 1 : Kegiatan Observasi

Kelas                   : LC28 / Kelompok 1

Nama Dosen      : Djoko Purnomo

Kode Dosen       : D1320

Waktu                : Rabu, 22 Maret 2017

Pukul                 : 07.30 – 11.30

Lokasi                : TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

 

Tim yang hadir :

Ketua                                      : Jeffry Wijaya – 2001560332

Anggota Kelompok    :

1.  Adine Esther – 2001581274

2. Bradley Anthony – 2001545893

3. Cindy Carolina  – 2001566922

4. Geovanny – 2001542172

5. Rifky Fajriansyah – 2001581085

6. Stephen Sulistio – 2001562552

7. Vilia Tanidja – 2001545092

 

 

Foto : kami bersama guru-guru serta anak-anak.

 

Pada pertemuan pertama mata kuliah Character Building : Pancasila,  dosen kami yang bernama Pak Djoko menjelaskan mengenai Pancasila sebagai Pendidikan Karakter. Kemudian beliau menjelaskan tentang tugas berkaitan dengan program mengajar PAUD, maka terbentuklah kelompok ini. Lalu pada pertemuan kedua, 14 Maret 2016, Pak Djoko menjelaskan tentang sejarah terbentuknya Pancasila sebagai ideologi Negara. Inti dari topik tersebut untuk mengingatkan kita sebagai mahasiswa-mahasiswi untuk tidak melupakan sejarah terbentuknya Pancasila. Selanjutnya pada pertemuan keempat, kami mempelajari mengenai keterkaitan antara Pancasila dan IPTEK, dimana Pancasila merupakan filter agar perkembangan IPTEK di Indonesia tidak melenceng dari nilai-nilai Pancasila.

Pada 22 Maret 2017, kelompok kami memulai kegiatan observasi (survey) di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan. Kegiatan hari ini dimulai dengan kita berkumpul di apartemen Silkwood Residences. Lalu, pada pukul 06.30 kelompok kami bersama-sama berangkat menuju lokasi TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan.

Pada pertemuan pertama ini, kelompok kami hanya melakukan observasi tempat serta situasi di TK tersebut. Kami sengaja mengadakan kegiatan observasi untuk mempermudah kami menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan kita laksanakan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Sehingga pada pertemuan ini, kami berdiskusi dengan guru-guru TK tersebut mengenai tema yang dilaksanakan tiap minggunya agar kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan dapat sesuai.

Melalui kegiatan ini, kami dapat mengetahui bahwa di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan anak-anak akan dibagi ke dalam 3 kelas, yaitu 1 Kelompok A, dan 2 Kelompok B.

Selain itu, kegiatan observasi ini juga membantu kami agar bisa kenal dengan anak-anak lebih dekat, bukan cuma nama melainkan juga sifat-sifat mereka sebab setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda.

Di pagi hari, semua anak-anak akan berkumpul di lapangan depan TK untuk berdoa dan melakukan kegiatan kecil seperti, senam, dan lain-lain sebelum masuk kelas.

Setelah masuk kelas, sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, anak-anak akan berdoa terlebih dahulu bersama guru mereka masing-masing.

Foto : suasana doa di kelas pada pagi hari

Kemudian, mereka akan memulai kegiatan belajar-mengajar sesuai topik dan tema yang telah ditetapkan guru.

Foto : anak-anak duduk manis memperhatikan ibu guru

Dalam kegiatan belajar, anak-anak akan diberi tugas untuk mewarnai, menempel, menulis dan juga menggambar sehingga anak-anak dapat menjadi aktif dan kreatif.

Foto : anak-anak diberi tugas oleh guru dan kami mendampingi

Setelah belajar, anak-anak akan mendapat waktu bermain yaitu sekitar jam 10.00.  Kegiatan bermain tentunya menjadi kegiatan favorit anak-anak. Menanggapi hal ini, TK Aisyiyah telah menyediakan banyak mainan yang dapat membuat anak-anak senang. Ada mainan outdoor seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan lain-lain. Selain itu, ada juga Lego, boneka, dan bola kecil untuk mainan indoornya.

Foto : kami bermain lego bersama anak-anak kelas B1

 

Foto : kami menyempatkan diri berfoto bersama anak-anak di sela waktu bermain

Setelah bermain, mereka akan kembali berkumpul bersama guru untuk berdoa. Kemudian, anak-anak akan diizinkan pulang pada jam 11.00.

Sebelum anak-anak pulang, kami sempat mengajak mereka untuk berfoto.

Foto : anak-anak kelas A terlihat sangat ceria

Foto : anak-anak kelas B2 sangat kompak

Kegiatan observasi ini diakhiri dengan berdiskusi bersama guru-guru mengenai kegiatan apa yang akan kita laksanakan bersama anak-anak di minggu depan, yaitu minggu pertama kami akan mengajar anak-anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply