Pertemuan 2 : Mengajar 1

Kelas                   : LC28 / Kelompok 1

Nama Dosen      : Djoko Purnomo

Kode Dosen       : D1320

Waktu                : Rabu, 29 Maret 2017

Pukul                 : 07.30 – 11.30

Lokasi               : TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan

 

Tim yang hadir :

Ketua                                      : Jeffry Wijaya – 2001560332

Anggota Kelompok    :

1.  Adine Esther – 2001581274

2. Bradley Anthony – 2001545893

3. Cindy Carolina  – 2001566922

4. Geovanny – 2001542172

5. Rifky Fajriansyah – 2001581085

6. Stephen Sulistio – 2001562552

7. Vilia Tanidja – 2001545092

 

 

Pada pertemuan kedua ini, kami sudah mulai mengajar. Kegiatan pembelajaran hari ini adalah hasil diskusi kami dengan guru-guru pada saat pertemuan 1 kemarin mengenai apa apa saja yang perlu dipersiapkan ketika mengajar, peralatan apa saja yang dibawa, dan bagaimana cara menghandle anak anak ketika kita sedang menerangkan pelajaran.

Pada pertemuan kedua ini, tema kegiatan belajar mengajar di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan adalah “Tanah Airku”, jadi semua yang kami ajarkan pada pertemuan hariini berkaitan dengan Negara Indonesia, tujuannya adalah agar anak anak semakin mengenal tentang negara Indonesia tercinta.

Kegiatan di TK Aisyiyah 80 Al-Ihsan dipagi hari adalah senam, dimana anak-anak di kumpulkan di halaman depan sekolah, dan melakukan Senam Kesegaran jasmani yang telah kami siapkan sebelumnya .Senam dilakukan mulai pukul 07.30 pagi.  Gerakan senam ini di pandu oleh Beberapa anggota kelompok kami, dan sambil tertawa, anak-anak melakukan senam dengan baik dan benar bersama para guru-guru juga.

Foto : kegiatan senam di pagi hari

 

Setelah melakukan senam, pada pukul 07.45, anak-anak masuk ke kelas masing-masing untuk bersiap-siap memulai kegiatan belajar mereka.

Pembelajaran di kelas A hari ini  adalah mengenai Matematika. pada pembelajaran Matematika kali ini, kami mengajarkan kepada anak-anak tentang:
1. Mencocokkan gambar dan angka
Disini, anak-anak diajarkan untuk mengetahui manakah angkah-angkah yang cocok dengan hasil penjumlahannya, setelah anak-anak mengetahui angka tersebut, mereka diminta untuk membuat garis dan menghubungkan ke sesama angka yang cocok dengan hasil penjumlahannya.
2. Menempel origami ke gambar dan menulis jumlah gambarnya
Anak-anak diminta untuk menempel kertas origami ke sebuah kertas yang membentuk angka, dan mereka harus menulis angka apa yang ada dari hasil menempel tersebut.
3. Mewarnai dan menjawab berapa banyak gambar
Anak-anak diminta untuk mewarnai gambar angka dan mereka diajarkan untuk bisa menjawab berapa banyak gambar yang ada.

4.Bermain permainan Galah Panjang di Luar
Kegiatan ini dilakukan di luar kelas, dibantu oleh alat-alat yang telah dipersiapkan oleh anggota kelompok kami, Anak-anak akan diberi soal terlebih dahulu, kemudianmereka menjawab pertanyaan tersebut , dan berjalan melewati kayu dan mengambil gambar di ujung dan kembali lagi ke awal.

Foto : kegiatan mewarnai

Foto : mempersiapkan permainan galah panjang

Sesuai tema minggu ini, kami mengenalkan anak-anak terhadap “Sumpah Pemuda” dan mencoba untuk mengajak anak-anak menyebutkan bunyi “Sumpah Pemuda” satu-persatu.

Foto : pengenalan Sumpah Pemuda

 

 

Sementara itu di kelas B1, karena anak anak sudah mulai dewasa baik dari tingkah laku serta pemikirannya terutama karena mereka sudah mau memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD), kami melaksanakan kegiatan Bahasa Inggris. Kegiatan ini kami laksanakan sebagai berikut.

 

1. Perkenalan diri
 Kami mengajarkan anak anak untuk tau cara mengenalkan diri mereka kepada orang lain menggunakan bahasa inggris, mulai dari nama, umur, hobi, dan cita-cita.

2. Belajar Part of your  body
Pada kegiatan ini,  kami mengajarkan anak anak bagaimana cara mengenali anggota tubuh mereka mulai dari kepala hingga kaki menggunakan bahasa inggris.

3. Menyanyi
Selain itu, kami juga mengajak mereka untuk menyanyi menggunakan bahasa inggris agar mereka senang dan tidak bosan. Terlebih lagi, dengan menyanyi biasanya otak lebih cepat untuk mengingat apa yang mereka sebutkan. Kami mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Knees and Toes dan tentunya, anak-anak ikut bernyanyi dengan semangat.

Foto : kegiatan belajar bahasa inggris

 

Kemudian kegiatan yang kami pilih hari ini untuk menyesuaikan dengan tema adalah menempel bendera. Kami menyediakan bendera merah putih yang terbuat dari kertas dan kami mengajarkan anak-anak untuk dapat menempel bendera Indonesia tersebut di sebuah kertas kosong sesuai dengan susunan warna yaitu merah di atas dan putih dibawah. Lucunya, beberapa anak-anak justru menempelkan bendera tersebut dengan urutan terbalik, membentuk bendera Polandia.

Foto : suasana kegiatan menempel bendera

 

Berikutnya adalah di kelas B2, di kelas ini juga sama seperti kelas B1, dimana anak-anak sudah mulai dewasa karena anak memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD). Di kelas ini, kami mengajarkan anak-anak mengenai Alat Komunikasi. Kegiatan-kegiatan selama mengajar Alat Komunikasi meliputi :

1. Bermain Kuda Bisik
Dalam permainan ini, anak-anak diminta untuk membuat 2 kelompok, setelah itu anak anak diberi kata-kata yang berhubungan dengan alat komunikasi dan mereka diminta untuk membisikkan ke temannya dan yang terakhir akan menyebutkan kata-kata nya apakah benar atau tidak.

2. Bermain kode morse
Dalam permainan ini, anak-anak dibagikan beberapa kode, kemudian anak-anak diminta untuk mengingat kode tersebut, dan ketika kami menyebutkan salah satu kode, mereka harus tau gerakan apa yang dibuat berdasarkan kode yang disebutkan tersebut.

3. Mewarnai gambar alat komunikasi
Pada kegiatan ini, kami membagikan kertas yang sudah ada gambar tentang alat komunikasi dan anak-anak diminta untuk mewarnai gambar tersebut sesuai keinginan mereka.

Foto : kami mendampingi anak-anak dalam kegiatan mewarnai

Di kelas ini, kegiatan yang kami pilih untuk menyesuaikan dengan tema adalah mewarnai gambar Burung Garuda. Kami mengajak mereka untuk mewarnai dengan benar, tentunya dengan bantuan kami.

Foto : mendampingi anak-anak dalam kegiatan mewarnai

Berikutnya, pada pukul 09.30, anak-anak dipersilakan untuk makan. Tetapi, sebelum makan kami mendampingi mereka bercuci tangan. Setelah cuci tangan, mereka lalu berdoa dan makan.

Lalu pada pukul 10.00, mereka dipersilakan untuk bermain sejenak bersama kami. Mereka terlihat sangat senang dan antusias karena kami saat bermain.

Sembari bermain, kami juga mengajarkan hal-hal yang bermanfaat untuk mereka ke depannya, dan menanamkan sifat nasionalisme yang tinggi kepada mereka sejak dini agar kelak mereka dapat berguna bagi bangsa dan negara Indonesia.

Foto : anak-anak terlihat antusias bermain bersama.

Setelah bermain, pada pukul 10.30, mereka mendapat tugas dari ibu guru mereka untuk mengerjakan buku paket yang biasa mereka kerjakan sehari-hari. Pada saat pengerjaan, kami membantu mereka untuk mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru mereka dan mengingatkan mereka jika ada yang salah.

Pada pukul 11.15, anak-anak kembali dikumpulkan untuk berdoa bersama dan bersiap-siap untuk pulang ke rumah mereka masing-masing.

Foto : kegiatan berdoa bersama sebelum pulang

Kemudian pada pukul 11.30,  anak-anak dipersilakan pulang menuju rumah mereka masing-masing.

Kegiatan kami pada hari ini ditutup dengan melakukan evaluasi dan berdiskusi lagi dengan guru-guru tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk pertemuan mengajar selanjutnya. Dari hasil diskusi dengan guru-guru, kami mendapat saran agar di pertemuan mengajar berikutnya kami menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi.

Berikut adalah lampiran form evaluasi kami untuk pertemuan mengajar hari pertama.

Foto : form evaluasi pertemuan mengajar pertama

 

Leave a Reply